Kamis, 27 November 2014

Sensasi Musik Urban Crossover

Urban Crossover kembali hadir memberikan suguhan inspirasi musik Cross Genre tanpa batas melalui Workshop Urban Crossover Jamming Session. Event ini merupakan program lanjutan dari Urban Crossover sebagai bentuk apresiasi terhadap komunitas musik untuk menciptakan kolaborasi antar komunitas musik lokal dalam mengaransemen musik Cross Genre tanpa batas.

urban crossover


Tahun ini, Workshop Urban Crossover Jamming Session mengangkat tema “Eksplorasi Musik Aransemen” yang akan mengeksplor aransemen bermusik Cross Genre dan kembali menghadirkan Ali Akbar Sugiri (Music Director Urban Crossover 2014) dan Indra Aziz & Rieka Roeslan (Vocal Coach).

Di tahun penyelenggaraannya yang ke 6 ini Urban Crossover hadir dengan menggandeng dua musisi berbakat Indonesia, yaitu Ali Akbar Sugiri dan Mondo Gascaro sebagai Music Director. Konser musik cross genre ini menghadirkan musisi besar Indonesia yang berpartisipasi dalam Urban Crossover 2014 antara lain Titi DJ, Judika, Andi/rif, Ari Lasso, Andien dan Dedi “Andra & The Backbone” serta melibatkan Panduan Suara Mahasiswa. Tak hanya itu, Urban Crossover 2014 juga melibatkan penyanyi Hip Hop Indonesia yang akrab disapa Yacko, serta beatboxer handal Indonesia yang bernama Jevin Julian.

urban crossover medan
Sesi Wawancara Urban Crossover


Urban Crossover 2014 diadakan di empat kota besar di Indonesia, yaitu: Semarang, Medan, Jakarta dan Bandung sedangkan workshop Urban Crossover Jamming Session di kota Semarang dan Medan.

Seperti sebelumnya, workshop ini melibatkan komunitas musik lokal untuk dilatih dan berkolaborasi bersama. Para musisi sebagai coach dan peserta dibagi menjadi lima kelompok. Kelompok vokal dengan Rieka Roeslan dan Indra Aziz, kelompok drum dengan Rayendra, kelompok keyboard dengan Ali Akbar, kelompok gitar dengan Nikita dan kelompok bass dengan Ari Firman. Di Workshop Urban Crossover peserta diajarkan untuk memainkan instrumen musik dengan gaya nya sendiri dan aransemen musik untuk menghasilkan musik Cross Genre.

Saya pun memilih kelompok drum. Disana dijelaskan cara menarik perhatian dalam drum, sekaligus membuat penonton tidak bosan seperti jangan mengeluarkan skill kita terus menerus. Tak lupa juga mencoba lagu yang kita sukai sambil main drum dengan arasemen yang berbeda dari bang Rayendra.

urban crossover  medan
Drum Session


Nah setelah selesai, acara selanjutnya diisi dengan penampilan para musisi yang menampilkan beberapa lagu yang telah diaransemen dengan musik Cross Genre. Lagu Astaga, Mobil Balap, Dahulu dan Menari ditampilkan dengan gaya yang berbeda dari versi aslinya. Aransemen baru tiap lagu lebih fresh, nge-beat dan tidak ketinggalan spirit Jazz didalamnya.

Setelah dilatih selama kurang lebih satu jam, para peserta ditantang untuk tampil bersama membawakan lagu yang sudah ada dengan aransemen musik Cross Genre.

urban crossover medan
Jamming Session Urban Crossover

urban crossover medan
Para peserta ditantang untuk jamming bersama


Sayang di acara Urban Crossover ini tidak bisa melihat kelompok lain, namun hasilnya tidak buruk terbukti dengan ditantangnya para peserta bisa mengeluarkan musik yang WOW, apalagi di arasemen dengan variasi yang unik semakin menambah kemeriah Urban Crossover.
Harapan kedepan, ada lagi acara Urban Crossover sekaligus bisa melihat kelompok lain.