Rabu, 18 September 2013

Shaberoukai


Shaberoukai = tempat untuk ngobrol, itu lah arti shaberoukai sewaktu saya tanya ke salah satu anggota Shaberoukai, kak Liza.
Shaberoukai ini diadakan dua kali dalam sebulan, harinya ga tentu, nanti di sms ama panitia waktu dan temanya. Setiap pertemuan temanya beda, ini pertama kalinya aku ikut, temanya tentang musik, oya, isi sms nya bahasa jepang tapi romanji (tetap aja ga tau artinya). Waktu itu (minggu, 8 sept 2013) aku ga nyangka masih di sms ama panitianya, padahal udah satu tahun berlalu dan selama di sms aku ga pernah balas, tekejut aja pas liatnya, krn jadi tertarik, aku tanya tempat, tanggal, dll (memang dah di kasih tau, tapi kan pake bahasa jepang)
Kali ini diadakan hari selasa, 10 sept 2013 di Wisma BII di perpustakaan konsulat jepang lt.5
Aku datang telat 20 menit ama abang aku (memalukan, pdhl budaya org jepang itu no telat). Ini gara2 keenakan ngutak ngatik html blog (gaya kali, pdhl cuma nyoba ganti font doang XD). Begitu masuk, aku milih tempat duduk paling belakang. Yang sempat kami liat, ada yg bahas tentang boyband jepang, satu lagi bahas tentang vocaloid (tema kali ini : musik) , itu, ngomongnya full bahasa jepang, tulisan di slide nya juga, awak cuma bisa stel muka oon aja krn ga ngerti, pas yg lain tepuk tangan, ikutan juga, pas yg lain ketawa, cuma bisa ha? Ha?
kegiatan shaberoukai medan

Abis tu, ternyata dah selesai, kegiatan ini cuma sejam, di perpus itu banyak komiknya, sambil makan snack yg di bagi tadi, aku dengerin orang yg nanya2 (kayaknya baru ikut juga), aku pun nanya juga, sama yg ngasih tau arti shaberoukai tadi, kak liza
Kalau ga bisa bahasa jepang tetap boleh ikutan, karna nanti kan bisa makin ngerti. Kalo ga tau, boleh juga tanya artinya kata kak zita (anggota juga)
Peserta dibagi jadi 2, member dan visitor. Kalau member, yang jadi pembicara di depan. Kalo visitor, yaa kayak aku ama abangku
Kata kak liza, tiap kamis di sini.ada belajar kaligrafi jepang, kalo mau, harus daftar dulu, krn terbatas, cuma 20 org
Aku tau Shaberoukai 1 taun yg lalu, pas ada pameran pendidikan jepang di JW Marriot, itu lebih oke dari pameran pendidikan yg lain. Kalo yg lain cuma stand univ, abis tu kita nanya2. Kalo ini, ada pertunjukan kebudayaan jepang, penampilan cosplay, delelel.